Cara Termudah Membuat Pola Pakaian

Halo sahabat Fatih! Pada kesempatan ini kita akan berbagi tentang membuat pola pakaian. Pada artikel sebelumnya kita telah mengetahui beberapa teknik dasar menjahit  (hanya informasi dasar saja), maka pada kesempatan ini kita akan membuat polanya. Tentu hal ini sangat penting karena jika kita hanya mengetahui cara menjahitnya tapi tidak mengetahui cara membuat polanya, berarti kita tidak akan bisa menjahit baju sendiri. Gimana caranya mau buka jasa jahit baju? Iya kan?

Tapi bentar dulu, banyak yang beranggapan bahwa menjahit ada sebuah kesenian. Betul, tapi yang keliru adalah ketika kita beranggapan bahwa menjahit hanya sekedara seni. Menjahit adalah pekerjaan seni yang sangat didukung oleh kemampuan matematis. Anda harus bersentuhan dengan matematika karena kita harus mengukur dan membuat pola. Jika anda pobia dengan ini, yang mengkin agak sulit ya.

Membuat Pola Pakaian

Tapi jangat khawatir, pada kesempatan ini kita akan berbagi trik membuat pola tanpa harus mengukur dan menghitung, hahaha. Yah mungkin trik ini tidak dapat berlaku untuk semua jenis pakaian pasalnya trik ini hanya mengandalkan kemampuan menjiplak sih. Dengan trik ini, kita tidak perlu mengukur badan lalu membuat garis pola di kertas menggnakan mistar dan menulis angkanya. Tapi sebelumnya disarankan untuk tetap belajar membuat pola yang professional biar kedepannya bisa berkembang lebih baik lagi.

Baik, berikut langkah-langkah termudah membuat pola pakaian:
  1. Ambil baju bekas yang masih bagus digunakan. Pastikan bajunya tidak robek dan tidak melar sebab nanti kita akan menjiplaknya. Barangkali baju yang tepat adalah baju yang tidak digunakan karena kusam atau bernoda atau lagi banyak baju baru. Intinya baju ini akan kita rusak atau akan disobek.
  2. Ambil pisau atau silet yang tajam lalu bukalah jahitannya. Setiap bagian yang kita buka hanya separuh dan biarkan sisah tetap utuh. Misalnya bagian lengan, cukup 1 lengan saja yang dibuka jahitannya karena lengan yang utuh akan kita contek cara jahitnya. Begitu juga misalnya bagian kerah, cukup setengah saja. Bagian tempat kancing, bagian bawah, dst.
  3. Ambil setrika dan setrikalah bekas jahitan tadi agar lurus dan rapih. Bagian yang sudah terjahit sebelunya pasti berkerut atau terlipat jadi kita perlu merapikannya. Ingat pada saat membuka jahitannya anda harus berhati-hati agar kainnya tidak ikut robek karena jika robek akan menyulitkan bagi kita untuk menjiplaknya.
  4. Tempel kain yang suda rapi tadi pada kertas Koran (boleh kertas lain). Pastikan tempelennya rapih, tidak ada yang berkerut atau miring. Jika tidak rapih maka hasilnya juga tidak akan rapih. Setelah tertempel dengan benar, maka ambillah spidol dan buatlah garis mengikuti pinggiran kain tadi. Hasilnya adalah sebuah pola yang sudah jadi tanpa harus mengukur. Cara ini persis membuat pola gambar jari-jari tangan dengan menempelkan telapak tangan di atas kertas lalu membuat garis mengikuti pinggir jari dan pastinya akan terbentuk gambar seperti jari. Semakin telaten anda membuat garis, maka semakin baik pola yang dihasilkan.

Nah demikianlah trik termudah membuat pola pakaian. Anda dapat mencobanya pada jenis pakaian lain, misalnya celana dan lain-lain. Yah tentu akan menmabha banyak pakaian yang dirusak, hehehe. Jika anda menghendaki ukuran baju yang lebih besar, caranya sama, tinggal mencari pakaian bekas yang ukurannya lebih besar lagi.

Mungkin video berikut dapat membantu sobat sekalian bagaimana membuat pola dengan teknik menjiplak atau cloning:
[youtube src="-UTlqpUOpLg"/]

Oya, sekedar informasi, kami juga menyediakan jasa jahit baju di Makassar. Jika ada yang berminat bekerjasama dengan kami silahkan klik di sini. Terima kasih sebelumnya!

Berikut ini cara termudah membuat pola pakaian bagi pemula