Teknik Dasar Menjahit Baju, Celana, Jas, dll.

Halo sahabat Fatih! Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang teknik dasar menjahit. Teknik dasar ini bukan hanya untuk menjahit baju dan celana tetapi tetapi dapat diterapkan pada berbagai bentuk yang menggunakan kain. Tentu diperlukan kemampuan khusus jika berniat membuka jasa jahit baju atau pakaian lainnya. Kami berharap artikel singkat ini dapat membantu kalian yang ingin belajar lebih intensif tentang menjahit.

Menjahit Baju, Celana, Gaun, Jas, dll.

Berikut beberapa teknik dasar menjahit yang perlu anda pelajari:
  • Teknik Tusuk Jelujur
Pola tusuk jelujur memiliki fungsi menjahit sisi kanan, menutup sisi ujung dari suatu bentuk sehingga memiliki efek kerutan. Teknik dasar ini merupakan teknik yang pola pergerakannya dari kanan ke kiri. Dengan teknik ini, ada dapat membuat efek kerutan yang rapi. Teknik ini ada 3 jenis yaitu tusuk jelujur biasa atau teknik yang dilakukan dengan jarang yang berbeda. Teknik jarak tertentu atau teknik yang menggunakan jarak konsisten untuk tusukkan.

  • Teknik Tusuk Tikam Jejak
Teknik ini berfungsi untuk membuat dekorasi hiasan garis yang berbentuk lurus, melingkar atau bulat, dan bentuk lainnya sesuai dengan keinginan desainer. Teknik ini mempunyai alur yang sama seperti pada mesin jahit. Cara melakukannya adalah dengan melakukan jahitan secara dua kali dari tusukkan di bagian atas.

  • Teknik Tusuk Flanel
Saat ini, banyak yang menggunakan teknik tusuk flannel karena permintaan pelanggan yang tinggi. Teknik ini biasanya digunakan untuk menjahit pinggiran yang diobras. Penggunaan teknik ini cocok untuk menjahit baju, baik laki-laki maupun perempuan. Selain itu, teknik ini juga dapat dilakukan untuk membuat hiasan, tusukkan dasar, dan sulaman bayangan dengan jarak rapat yang mengikuti motif.

  • Teknik Tusuk Feston
Kita mungkin sering menjuampai adanya tiras lingkar pada lengan baju anak-anak. Tiras lingkar ini dibuat menggunakan teknik tusuk feston. Jadi penggunakaan teknik ini biasaya digunakan untuk membuat atau menyelesaikan tiras.
Agar tiras pada baju terlihat elegan, gunakan teknik ini dengan memadukan warna benang yang serasi. Jadi teknik ini juga dapat digunakan untuk membuat dekorasi yang cantik dengan perpaduan warna benas yang pas dengan warna dasar baju.

  • Teknik Tusuk Balut
Teknik tusuk balut biasanya digunakan untuk menjahit tiras yang rusak terutama pada klim rol. Jahitan diselesaikan pada daerah pinggir.

  • Teknik Tusuk Batang
Salah satu teknik untuk membuat hiasan pada bahan kain adalah teknik tusuk batang. Teknik ini biasanya digunakan untuk membuat hiasa berbentuk batang.

  • Teknik Tusuk Rantai
Teknik selanjutnya yang dapat digunakan untuk membuat dekorasi adalah teknik tusuk rantai yang berguna membuat dekorasi berbentuk rantai, misalnya ranting-ranting dan dahan pohon. Dengan teknik ini, baju dapat terlihat lebih baik dan modis

  • Teknik Tusuk Silang
Teknik membuat hiasan selanjutnya adalah teknik tusuk silang. Teknik ini dimulai dengan memjahit dari kanan atas ke kiri bagian bawah. Setelah itu dimulai lagi dari atas ke kanan bagian bawah. Tusukan kedua dimulai dari kanan bagian bawah kemudian ke kiri atas. Kesejajaran diperlukan agar membentuk pola silang yang rapih dan indah.

  • Teknik Tusuk Piquar
Salah satu teknik memasang hiasa adalah teknik tusuk piquar, yaitu teknik memasang hiasan berbulu. Teknik ini terutama digunakan dalam menjahit mantel bulu, jas atau jaket.

Sebagai sumber belajar tambahan, barangkali sahabat Fatih bisa memutar video tentang teknik dasar menjahit berikut ini:
[youtube src="Rh678-AGK_8"/]

Demikian beberapa teknik dasar dalam menjahit pakaian. Masih banyak teknik menjahit lainnya yang belum sempat kami bahas. Sebagai saran, sebaiknya belajarlah dengan menelusuri satu persatu teknik di atas. Setelah memahami satu teknik, baru pindah ke tekhnik berikutnya. Belajar sambil praktek akan lebih efektif dibandingkan hanya sekedar membaca. Harapan kami dengan artikel ini dapat membantu kalian untuk memahami teknik-teknik yang perlu dipelajari.

Sekedar informasi, bagi anda yang membutuhkan jasa jahit baju di Makassar (baju, celana, terusan, gaun, dll.), silahkan klik di sini atau hubungi kontak kami

Berikut ini adalah beberapa teknik dasar menjahit yang perlu dipelajari sebelum belajar tingkat lanjutan